Dosen : Deasy
Indayanti
Nama : Adinda
Permatasari
GRAMEDIA
Gramedia merupakan
salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan buku
dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online
juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll. Bisnis penjualan
buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa
mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin banyaknya pengguna
internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur internet yang semakin baik
dari waktu ke waktu. Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin
melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu
agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya
masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti
ini.
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
Kekuatan
1. Kekuatan Gramedia
yang pertama terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dengan menyediakan
produk yang beragam dan berkualitas maka Gramedia dapat memenuhi kebutuhan para
konsumen. Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi
ketika mereka berbelanja di Gramedia
2. Gramedia juga
berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen, frekuensi
pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat dipungkiri
bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri.
3. Citra merek dan
reputasi yang sangat baik, menurut Damanik (2010) hal ini dibuktikan dengan
gelar Top Brand Award 2010 yang berhasil dipertahankan oleh
GramediaBookstore. Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1. Berdasarkan
index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati masyarakat sehingga
sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di Indonesia memilih
Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia menempati top of mind di
masyarakat, memiliki market share yang tinggi, dan memiliki pelanggan
dengan tingkat loyalitas yang tinggi.
Kelemahan
Pelayanan
operasional online Gramedia yang hanya terbatas pada hari Senin –
Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada malam hari dan weekend,
situs onlineGramedia tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan
menyulitkan konsumen yang ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada
hari Sabtu atau Minggu, misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak
memiliki cukup waktu untuk bertransaksi pada jam kerja.
Peluang
Dalam era globalisasi
sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat,
penggunaan internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada
penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan internet juga
telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang secara online, dan
juga media pembelajaran. Hal tersebut yang kemudian menciptakan suatu produk
yang disebut e-book atau electronic book, yaitu buku yang
berupa soft copy dan umumnya berupa file PDF. E-book juga
disebut paperless book, karena penggunaannya harus melalui media
ekektronik seperti computer, laptop, atau notepad. Bisa
dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan e-book sebagai
bahan bacaan mereka. Gramedia Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk
turut menyediakan e-book bagi konsumennya, hal tersebut akan menjadi
hal baru bagi Gramedia Bookstore, sehingga tidak hanya menyediakan buku dalam
bentuk hard copy, namun juga menyediakan e-book.
Ancaman
Penjualan buku melalui
media internet kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore
juga memiliki situs online, namun keberadaan situs penjualan buku online
lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya
Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia Bookstore harus memiliki cara
tertentu agar konsumen lebih memilih untuk berbelanja di situs online Gramedia
daripada situs lainnya, misalnya seperti prosedur pembelian dan pembayaran yang
mudah.
Situs penjualan buku
online yang telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book,
sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk
berupa e-book. Tentu saja kondisi tersebut menjadi ancaman bagi Gramedia
Bookstore. Pihak manajemen perlu menerapkan strategi yang baik dalam menyiasati
setiap ancaman yang ada agar tidak timbul kerugian.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar