msc

TUGAS

Transaksi April 2014 "BENGKEL MAJU"

01/04/2014 Tuan Budi mendirikan bengkel Maju dengan menyetor uang pribadinya ke kas perusahaan sebesar Rp 30.000.000

05/04/2014 Untuk menambah kas perusahaan Tuan Budi meminjam uang ke bank sebesar Rp 10.000.000

08/04/2014 Perusahaan Tuan Budi membeli perlengkapan bengkel sebesar Rp 13.000.000  secara Tunai

09/04/2014 Tuan Budi mengambil uang kas untuk keperluan pribadinya sebesar Rp  1.500.000

15/04/2014 Tuan Budi membeli perlengkapan bengkel dari toko Erlangga sebesar Rp 2.000.000  secara kredit

19/04/2014 Tuan Budi membayar sebagian hutangnya pada Tuan Erlangga sebesar Rp 500.000

21/04/2014 Tuan Budi menerima pendapatan jasa dari bengkel sebesar Rp  5.000.000

22/04/2014 Tuan Budi membayar gaji pegawai sebesar Rp 1.500.000

25/04/2014 Tuan Budi melakukan jasa perbaikan mobil sebesar Rp 1.000.000 dan pembayarannya akan di terima kemudian

27/04/2014 Perlengkapan bengkel yang sudah terpakai sebesar Rp 800.000

30/04/2014 Tuan Budi membayar sewa ruko sebesar Rp 700.000 untuk 2 bulan

DIMINTA :
Buatlah Jurnal umum, Buku besar, AJP, Neraca saldo yang disesuaikan, dan Laporan keuangan.

Bengkel Maju
Jurnal Umum
April 2014
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
1
Kas
30.000.000


   Modal

30.000.000
5
Kas
10.000.000


   Hutang Bank

10.000.000
8
Perlengkapan
13.000.000


   Kas

13.000.000
9
Prive
1.500.000


   Kas

1.500.000
15
Perlengkapan
2.000.000


   Hutang Usaha

2.000.000
19
Hutang Usaha
500.000


   Kas

500.000
21
Kas
5.000.000


   -Pendapatan Jasa

5.000.000
22
Beban Gaji
1.500.000


   Kas

1.500.000
25
Piutang
1.000.000


   Pendapatan Jasa

1.000.000
27
Beban Perlengkapan
8.000.000


   Perlengkapan

8.000.000
30
Sewa Dibayar Dimuka
700.000


   Kas

700.000

Jumlah
66.000.000
66.000.000

Bengkel Maju
Buku Besar
April 2014
                          








Bengkel Maju
Jurnal Penyesuaian
April 2014
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
31
Beban Perlengkapan
Rp 800.000


   Perlengkapan

Rp 800.000
31
Beban Sewa
Rp 350.000


   Sewa Dibayar Dimuka

Rp 350.000

JUMLAH
RP 11.500.000
Rp 11.500.000







Laporan Neraca, Laba rugi & Arus kas.

Laporan Neraca, Laba rugi & Arus kas.

Pertama saya akan membahas tentang apa itu Laporan Neraca. Nah laporan neraca itu adalah dimana suatu laporan yang berisikan data keuangan suatu perusahaan dibutuhkan untuk mengetahui letak posisi keuangan  perusahaan yang bersangkutan pada periode tertentu dan diketahui pada akhir periode.
Lalu ada Laporan Laba Rugi. Laporan laba rugi ini juga termasuk bagian dari laporan keuangan dimana kita akan mengetahui apakah perusahaan tersebut mendapatkan laba (untung) atau rugi dari rincian yang disebutkan di laporan laba rugi tersebut seperti pendapatan dan beban.
Yang ketiga ada Laporan Arus Kas. Laporan keuangan ini akan memperlihatkan aliran masuk dan aliran keluar suatu kas dalam perusahaan.

Pada Laporan Laba Rugi terdapat dua jenis format, yaitu:
1. Single Step
2. Multiple Step

Lalu ada Laba Komprehensif, contoh dari laba ini adalah laba yang dihasilkan dari adanya perubahan nilai tukar. Jadi laba komprehensif adalah kekayaan suatu perusahaan yang berhubungan dengan operasi normal perusahaan.


Kemudian ada Laporan Perubahan modal, laporan ini diperoleh dari informasi yang jelas tentang posisi keuangan.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan

Laporan keuangan : suatu proses akuntansi yang hasilnya memberikan informasi kepada pemilik tentang apakah laporan keuangan perusahaan tersebut menunjukan bahwa perusahaan itu sehat atau tidak. dari besarnya aktiva yang dimiliki oleh perusahaan itu menentukan seberapa sehatnya perusahaan tersebut

Pada laporan keuangan terdapat juga karakternya, yaitu:

-Dapat dipahami
Dengan mudahnya laporan keuangan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, pihak pihak yang berkepentingan seperti misalnya investor, para investor ini dapat dengan cepat mengetahui data keuangan suatu perusahaan tersebut.

-Relevan
Ini bisa mempengaruhi pemilik sehingga pemilik bisa mengetahui tentang data keuangan yang ada pada perusahaanya.

-Matrealistis

-Keandalan
Laporan keuangan harus bisa diandalkan sebagai data perusahaan yang sangat penting. Banyak hal yang dilakukan pada perusahaan dengan mencangkup laporan keuangan.

-Dapat dibandingkan
Ini agar laporan keuangan pada tahun sebelumnya bisa kita bandingkan dengan laporan keuangan yang ada pada tahun ini atau terbaru.

-Tepat waktu
Setiap bagian yang bertugas dalam membuat laporan keuangan harus membuatnya dengan tepat waktu.

Dan pada laporan keuangan juga terdapat pos2, yaitu:
-Aktifa
a.       Aktifa lancar
b.      Investasi jangka panjang
c.       Asset tetap
d.      Asset tidak berwujud

-Kewajiban
a.       Kewajiban jangka pendek
b.      Kewajiban jangka panjang

-Ekuitas
Pendapatan dan bukan termasuk keuntungan dan kerugian

-Arus kas


Lalu ada keterbatasan yang dimiliki oleh neraca, yaitu:

-Off balance sheet
Maksud disini adalah neraca yang dibuat tidak mencangkup adanya informasi kerugian yang dialami oleh perusahaan agar neraca terlihat baik

-Nilai tukar / kurs
Jadi neraca tidak bisa menggambarkan nilai uang.

-Aktiva tidak berwujud
Ini seperti hak paten


Bentuk neraca

-laporan laba rugi, yaitu laporan mengenai pendapatan dan beban suatu perusahaan. Laporan laba rugi ini mencangkup:
1. pendapatan usaha
2. beban usaha

Manfaat yang dimiliki oleh laporan laba-rugi yaitu mengevaluasi kinerja, dan membantu menilai resiko. Untuk keterbatasan yang dimiliki laporan laba-rugi yaitu pos tidak dapat diukur secara akurat.

Laporan arus kas
Menggambarkan dengan jelas sumber penerimaan maupun pengeluaran kas. jadi lebih rinci dan diperluas dalam penggambarannya. Dalam arus kas terdapat dua metode. Yang pertama adalah metode langsung, yang dimana didalamnya terdapat rincian semua pendapatan keuangan dengan jelas. Untuk yang kedua, yaitu metode tidak langsung dan metode ini memang metode yang biasa atau sering digunakan.

Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi Keuangan

                                    Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi
A. Akuntansi
Disini saya akan menjelaskan sedikit dasar materi dari akuntansi keuangan dan standar akuntansi. Akuntansi itu memiliki tiga karakteristik penting yang berguna untuk mendefinisikan akuntansi keuangan dengan tepat. Apa saja karakteristiknya?
coba baca kalimat dibawah ini..
Pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada pemakai yang berkepentingan.
Lalu penjelasan diatas dibagi kedalam tiga bagian menjadi:
(1) Pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi keuangan (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepentingan.
Nah dari kalimat itulah adanya tiga karakteristik dari akuntansi keuangan yang penting dan sepertinya juga mudah sekali untuk diingat kan? apalagi karakteristik ini sudah diketahui dan digunakan sejak lama, jadi pasti kalimat ini memang menjelaskan sekali inti pokok dari akuntansi keuangan itu sendiri.


B. Ruang Lingkup Akuntansi
Ruang lingkup pada akuntansi memiliki bidang bidang secara khusus untuk menangani masalah masalah yang semakin kompleks. Diantaranya adalah:
-        -   Akuntansi Keuangan
-        -   Akuntansi Biaya
-        -   Akuntansi manajemen
-        -   Akuntansi perpajakan
-        -   Sistem akuntansi
-        -    Sistem pemerintahan

C.  Pihak-Pihak yang Berkepentingan Terhadap Informasi Akuntansi
Mengapa informasi akuntansi perlu diketahui oleh beberapa pihak-pihak? Itu karena informasi akuntansi adalah informasi yang berisi data-data transaksi keuangan suatu perusahaan yang akan memperlihatkan posisi keuangan perusahaan yang berarti akan memperlihatkan hasil atau laba yang dihasilkan oleh usaha perusahaan tersebut. Informasi ini sangat penting untuk diketahui tidak hanya untuk orang-orang dalam perusahaan tetapi juga orang-orang di luar perusahaan yang berkepentingan. Beberapa contoh dari pihak pihak itu adalah:
Pihak Internal (Pihak Dalam) : Pemilik, Karyawan, Akuntan dsb
Pihak Eksternal (Pihak Luar) : Pemegang Saham, Investor, Kreditur dan Masyarakat

D. Pengertian Akuntansi Keuangan
Akuntansi Keuangan adalah proses pembuatan laporan keuangan yang berisi data transaksi perusahaan yang diperlukan oleh pihak internal maupun eksternal.

Standar Akuntansi Keuangan
A.  Standar Akuntansi Keuangan
Standar akuntansi keuangan adalah metode seragam yang diciptakan untuk memberikan informasi laporan keuangan dari berbagai perusahaan yang berbeda agar dapat di bandingkan dengan lebih mudah.
Ada beberapa organisasi lain yang penting dalam pelaporan keuangan, contohnya SEC dan AICPA.

B. Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan laporan keuangan yang pertama adalah mengidentifikasi data yang berhubungan atau relevan dengan keputusan jang akan diambil. Kedua adalah memproses dan atau menganalisa data-data yang relevan. Dan ketiga adalah mengolah data menjadi suatu informasi handal yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan.

C. Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Karakteristik kualitatif pada laporan keuangan adalah sebuah ciri khas yang membuat informasi pada laporan keuangan berguna bagi pemakai,beberapa karakteristiknya yaitu mudah dipahami, relevan, dapat diandalkan, dan lengkap.

Sistem Basis Data

Sistem Basis Data
Apa itu sistem basis data? Bagaimana fungsinya dan apa saja komponennya? Mengapa kita perlu setidaknya mengetahui sedikit tentang sistem basis data?

Disini saya akan membahas sedikit tentang apa saja yang perlu diketahui bagi orang-orang yang belum tau dan jelas ingin tau tentang apa itu sistem basis data.
Basis Data
apa kalian sudah tau pengertian basis data? Basis data adalah kumpulan data (elektronis) yang terintegrasi yang digunakan oleh sebuah enterprise. Sebagai perumpamaan basis bisa di artikan sebagai sebuah gudang dan data bisa di artikan sebagai berbagai macam barang-barang yang ada di dalam gudang itu sendiri. Atau bisa juga diibaratkan seperti lemari buku dan buku-bukunya, dimana dengan hal ini terjadinya rangkap data akan diminimalisir dan proses para user yang ingin mencari atau menemukan data-datanya akan dipermudah.
DBMS
DBMS (DataBase Management System) yaitu bagian dari sistem basis data yang berupa perangkat lunak khusus untuk mengelola basis data. Perangkat ini akan menentukan bagaimana data disimpan, diubah atau diambil kembali. Perangkat lunak yang biasa digunakan adalah MS. Access (), SQL (), Oracle () juga Dbase ().
Nah, itu adalah pengertian dari basis data dan pengertian juga contoh dari DBMS yang merupakan bagian dari sistem basis data. setelah mengetahui basis data dan DBMS, sekarang saya akan menjelaskan inti dari materi kali ini yaitu apa yang dimaksud dengan sistem basis data..
Sistem Basis Data
Sistem basis data adalah gabungan antara basis data dan DBMS yang dibuat untuk suatu sistem yang terdiri dari kumpulan data-data yang saling berkaitan diantara file-filenya yang bertujuan untuk memanipulasi data dari basis data sehingga diperoleh informasi yang ingin ditemukan.
Komponen pada Sistem Basis Data
Sistem Basis Data memiliki 6 komponen, yaitu:
1.      Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras komputer yang diperlukan untuk proses penyimpanan dan komunikasi antara user dan komputernya.
2.      Operating system (Sistem Operasi)
Perangkat lunak komputer yang diperlukan untuk mengendalikan seluruh sumber daya dan operasi dalam sistem computer.
3.      Database (Basis Data)
Basis data yang diperlukan untuk mewakili sistem tertentu untuk diolah atau dikelola. Dalam sistem basis data tidak hanya terdiri dari satu basis data melainkan bisa terdiri lebih dari satu basis data.
4.      DBMS (Database Management System/Perangkat Lunak Sistem
Pengelola Basis Data)
Perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola basis data. Perangkat ini akan menentukan
bagaimana data disimpan, diubah atau diambil kembali.
5.      User (Pengguna/Pemakai dari Sistem Basis Data)
Orang-orang yang menggunakan atau bisa disebut berinteraksi dengan basis data mulai dari pengguna aplikasi, pengguna interaktif, pemogram aplikasi yang membuat program aplikasi menggunakan basis data dan administrator database yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan basis data.
6.      Optional Software (Aplikasi Lain)
Perangkat lunak pelengkap yang diperlukan untuk mendukung bersifat opsional.
Jadi tujuan utama dari sistem basis data adalah untuk mengatasi masalah-masalah dalam pemrosessan data seperti sulitnya menemukan file, sulitnya dalam mengakses data, masalah keamanan juga masalah integritas. Dengan sistem data, user akan lebih mudah dalam menyimpan dan juga mengambil data-data file yang sudah tersimpan karna tersusunnya semua berkas data. Juga dapat menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat dan relevan, sehingga informasi yang disajikan tidak ketinggalan jaman.


Semoga informasi tentang sistem basis data ini membantu.


sumber: http://kinabipoetra.blogspot.co.id/2013/03/komponen-sistem-basis-data-terdiri-dari.html?m=1